}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T4/02/2016

Kendaraan Anda Ngadat di Jalan, Tips Mencegah Hal Tersebut?

Bagi Anda yang sering berpergian keluar kota atau sering beraktivitas di luar rumah, kondisi kendaraan yang fit pasti yang dibutuhkan.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai masalah penyebab kendaraan ngadat dan mogok.

Sebab paling utama kendaraan ngadat dan mogok adalah:

1. Masalah pada sistem asupan bahan bakar tidak lancar

Pada mesin konvensional hal ini disebabkan oleh karburator yang kotor bisa juga filter udara sudah sangat kotor oleh debu. Sedangkan pada mesin sistem injector adalah disebabkan karena lubang nozzle pada injector sudah mulai kotor sehingga mengganggu dalam menyemprotkan bahan bakar, selain itu filter udara sudah kotor, konektor sensor kendor atau bisa jadi ada sensor yang rusak.

Tips menangani point tersebut di atas adalah:
Mesin konvensional, membersihkan komponen dalam pada karburator dan filter udara. Namun sebelumnya pastikan dulu percikan bunga api pada seluruh busi. 

2. Busi kotor atau sudah mati, hal ini ditandai dengan busi terlalu hitam atau juga basah karena bensin. Hal ini disebabkan busi tidak memercikan bunga api secara optimal atau juga sudah mati. 

Tipsnya bersihkan dan cek nyala percikannya seluruh busi satu per satu, jika tidak memercikan ganti dengan busi baru. Ciri-ciri busi yang baik ketika sudah dipakai adalah berwarna coklat pada elektorodanya.

3. Mekanisme katup dan ruang bakar yang sudah sangat berkerak, hal ini disebabkan karena bahan bakar yang kita gunakan beroktan rendah dalam jangka waktu lama. 

Selain itu pembakaran tidak sempurna juga bisa disebabkan  asupan udara dengan bahan bakar tidak seimbang. Sehingga pembakaran tidak sempurna meninggalkan asap hitam dan menyebabkan kerak. Jadi kerak pada katup menyebabkan katup tidak menutup sempurna sehingga terjadi kebocoran kompresi. 

Tips mengatasi hal di atas adalah dengan overhoul dan menyekur atau membersihkan kerak pada katup-katup dan ruang bakar. Jika anda tidak paham urutan overhoul maka serahkan ke bengkel yang benar-benar sudah mempunyai nama.


Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 4/02/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 4/02/2016

No comments:

Post a Comment