}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T3/11/2016

Tahukah Anda, Apa itu Mekanisme Katup dalam Mesin Kendaraan?

Sekarang kita akan membahas mengenai:
1) Pengertian mekanisme katup
2) Jenis-jenis mekanisme katup
3) Penjelasan dari jenis-jenis mekanisme katup.

Pengertian Mekanisme Katup

Mekanisme katup adalah sistem mekanik katup yang dimana waktu membuka dan menutupnya katup masuk dan katup buang bekerja berdasarkan putaran camshaft (poros nokken as). Mekanisme katup ini hanya terdapat pada jenis mesin 4-Tak baik bensin maupun diesel. 

Untuk mesin 4-Tak berdasarkan letak camshaft dengan kedudukan katup-katupnya dibagi menjadi 3 macam, berikut macam-macam jenis mekanisme katup pada mesin 4-Tak:
Pertama, OHV (Over Head Valve)
Kedua, (Single Over Head Camshaft)
Ketiga, (Double Over Head Camshaft)

Berikut penjelasan dari ketiga macam mekanisme katup:

1. OHV (Over Head Valve)

Katup-katupnya berada di head Cylinder (kepala silinder), sedangkan poros cam berada di bawah head cylinder. Cara kerja mekanisme katup OHV yaitu poros cam berputar dan mendorong follower sehingga batang pushrod bergerak naik (membuka katup)  dan turun (katup kembali tertutup). Keuntungannya tidak memerlukan timing belt, biasanya berupa timing gear atau timing chain, sehingga umur mekanisme katup ini lebih lama. Namun kerugiannya adalah  ruang block cylinder menjadi lebih lebar sebagai ruang batang pushrod.

Gambar OHV


2. SOHC (Single Over Head Camshaft)

Adalah jenis mekanisme katup jenis  yang menggunakan satu poros cam yang berada pada kepala silinder dan posisinya di bagian atas katup-katup. Letak camshaft (poros cam) letaknya berjauhan dengan poros engkol (crankshaft) sehingga memerlukan sabuk atau rantai penghubung poros cam dengan poros engkol. Kekurangan SOHC yaitu  hanya 2 katup untuk setiap piston. Selain itu butu timing belt atau timing gear.

Gambar SOHC


3. DOHC (Double Over Head Camshaft)
Adalah jenis mekanisme katup yang menggunakan dua poros cam yang berada pada kepala silinder dan posisinya di bagian atas katup-katup. Letak camshaft (poros cam) letaknya berjauhan dengan poros engkol (crankshaft) sehingga memerlukan sabuk atau rantai penghubung poros cam dengan poros engkol. Kelebihan DOHC adalah  3-4 katup yang bisa digerakan untuk satu piston. Sehingga DOHC memiliki tenaga yang lebih besar dibanding dengan SOHC dalam Kapasitas Volume silinder yang sama .


Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 3/11/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 3/11/2016

1 comment:

  1. REKOMENDED; WALTPOKER

    REKOMENDED; AREADOMINO

    REKOMENDED; PASARCASH

    REKOMENDED; SENANG77

    REKOMENDED; ONEBET


    GET INFORMATION; SARANG299

    GET INFORMATION; POKERVQQ

    GET INFORMATION; WALTPOKER

    GET INFORMATION; SENANG77

    GET INFORMATION; AREADOMINO

    ReplyDelete