}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/12/2016

Ingin Mengganti Lampu Depan Jenis HID, Apa itu lampu HID?

Penerangan lampu depan (headlamp) merupakan hal yang sangat penting saat berkendara di malam hari. jenis lampu atau bohlam sangat berpengaruh terhadap intensas cahaya lampu mobil anda.

Maka dari hal itu, Anda harus memperhatikan spesifikasi jenis lampu headlamp yang digunakan dan memastikan jika spesifikasi lampu mobil depan Anda sudah sesuai dengan standar pabrik.

Sebab, jika tidak sesuai dengan yang digunakan oleh pabrikan, maka dapat membuat panas berlebih dan lama-kelamaan dapat merusak reflector serta membuat mika menguning.

Penggantian lampu depan (headlamp) mobil tidaklah semudah ketika ingin mengganti lampu belakang (tail lamp).



Beberapa tipe lampu depan (head lamp) yang biasa digunakan untuk lampu depan yaitu seperti lampu halogen dan lampu HID biasa dikenal dengan istilah lampu xenon.

Mobil-mobil keluaran terbaru sekarang banyak menggunakan lampu jenis HID untuk lampu depan mobil.

Lampu HID ini dinilai  banyak  memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis lampu Halogen yang juga banyak digunakan sebagai lampu depan. Namun lampu halogen intensitas cahyanya kurang dan sangat panas.

Tips dan trik agar efisiensi penggunaan daya listrik sangat tepat jika menggunakan lampu jenis HID, karena lampu HID konsumsi daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu halogen. Namun lampu HID memiliki intensitas cahaya yang banyak dan tidak terlalu panas dibanding lampu halogen.

Jadi, lampu HID memiliki pancaran sinar jauh lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

Jangkauan cahaya lampu HID pun  lebih luas, selain itu juga memiliki umur yang lebih panjang.

Meski begitu, jenis lampu HID tentu memiliki kelemahan dari sisi harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lampujenis  halogen.

Manfaat lain, Lampu HID juga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara dan tampilan mobil anda saat berkendara di malam hari.

Semua keunggulan yang dimiliki oleh lampu HID dibanding lampu halogen, rasanya harga yang mahal memang sebanding dengan keunggulan lamu HID.


Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016

No comments:

Post a Comment