}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus Otomotif O, Oc-Ox

O, Oc-Ox

Octane Requirment Increase
Adalah peningkatan kebutuhan oktan karena penimbunan kerak pada intake manifold dan ruang bakar dalam silinder sejalan pemakaian mesin. Namun kerak terjadi karena pemakaian bahan bakar dengan kualitas oktan rendah.

Octan Selector 
Adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menyetel saat pengapian optimum dengan menyesuaikan kadar otan dari 

Odometer
Adalah suatu alat pengukur total jarak yang sudah ditempuh kendraan. Odometer terletak di dekat speedometer pada dashboard yang sejajar lurus dengan arah pandang pengemudi. 

OE
Adalah singkatano dari Original Equipment yaitu kelengkapan orisinil onderdil standar yang sudah jadi paket sebuah manufaktur atau pabrikan kendaraan. 

Offroader
Adalah sebutan  pengendara mobil jenis lintasan offroad. Ciri-ciri mobil ini adalah penggunaan ban berdiameter besar, demikian juga tenaga mesinnya dan umumnya jenis penggerak 4WD. Sistem suspensi yang extra kuat dan keras agar dapat menahan benturan di jalan yang ekstrem. 

Oil cleaner
Adalah suatu komponen berbentuk silinder yang berfungsi untuk menyaring oli sebelum disirkulasikan ke dalam mesin.

Oil Deposit
Adalah kerusakan busi karena adanya endapan oli. Penyebabnya adalah seal katup yang sudah aus dan bocor. Selain itu penyebab utama oil deposit yaitu ring kompresi dan ring oli pada piston sudah tidak rapat dengan liner ruang silinder

Oil dipstick
Adalah batang pengukur oli mesin di dalam oil pan atau carter (bak oli)

Oil drain hole
Adalah penutup penguras oli.

Oil Pump
Adalah suatu pompa oli yang berfungsi memompakan oli agar bersikulasi di dalam mesin. 

Oil Pressure Gauge
Adalah alat pengukur tekan pada oli ketika mesin kendaraan dihidupkan.

One Make Race
Adalah lomba yang dikhususkan untuk satu jenis kelas kendaraan saja.

Outside mirror
Adalah kaca spion samping mobil

Overcoat
Adalah sebuah larutan atau pasta yang digunakan untuk membersihkan panel cat kendaraan atau kaca kendaraan. Overcoat ini sering digunakan untuk membersihkan permukaan kaca kendaraan sebelum dipasang kaca film.

Overdrive Transmission
Adalah perbandinganratio roda gigi akhir kurang dari 1:1. Pada possisi overdrive roda gigi percepatan terakhir  cocok untuk jalan lurus dan rata sehingga kendaraan dapat melaju kencang. Putaran mesin akan dipercepat pada posisi roda gigi percepatan top speed di dalam transmisi sehingga out putarannya lebih cepat dibandingkan poros inputnya.

Overdrive
Adalah Roda gigi percepatan pada transmisi yang didesain untuk mengurangi momen putas mesin dan meningkatkan kecepatan pada output shaft transmisi. Sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Karena putaran mesin dipercepat di dalam transmisi yang memberikan output lebih cepat. Overdrive cocol untuk percepatan akhir saat kendaraan melaju cepat. Namun tidak digunakan untuk awal start dan jalan tanjakan

Over Fender 
Adalah komponen pelindung bodi mobil dipasang pada tepi rumah roda spakbor. Selain sebagai pelindung dari lumpur dari roda juga berguna untuk menambahkan kesan gagah. Pada umumnya over fender dipakai pada mobil jenis SUV atau jeep.

Overhaul
Adalah service menurunkan mesin untuk dibongkar total dan dilakukan perbaikan menyeluruh.

Oversteer
Adalah kondisi yang Timbul ketika putaran roda belakang kehilangan traksi karena slip angle lebih besar dibanding putaran  roda depan, sehingga bagian belakang kendaraan bergerak ke arah luar tikungan. Untuk pengoreksi oversteer  dapat dilakukan dengan cara mengarahkan kemudi  ke arah slip angle dimbangi dengan mengurangi gas.

Oxygen Sensor
Adalah teknologi sensor digunakan untuk mendeteksi oksigen yang masuk pada saluran masuk yang menuju ruang bakar. Sinyal yang diberikan sensor, kemudian kan diolah di perngkat control modul dan akan mengatur seberapa injektor menyemprotkan bahan bakar. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih efisien baik pada putaran idle, rendah, sedang dan tinggi. 

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment