}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/12/2016

Tips Mengganti Lampu Belakang Mobil Dengan Mudah

Anda sebaiknya memperhatikan kondisi lampu-lampu pada mobil Anda karena penerangan adalah salah satu aspek penting saat berkendara di malam hari.

Tips Mengganti Lampu Belakang Mobil Dengan Mudah

Lampu-lampu kendaraan roda empat bisa menjadi salah satu komponen yang mudah rusak, Sehingga dibutuhkan penggantian agar lampu dapat bekerja secara maksimal.

Kali ini akan dibahas cara mudah serta murah untuk penggantian lampu belakang mobil Anda.

Lampu belakang ini akan lebih sulit untuk di deteksi bila putus karena posisinya yang jauh dari saklar kemudi, tidak seperti lampu depan.

Jika lampu belakang mati maka ada beberapa kemungkinan seperti:
1) lampu sudah putus,
2) fuse atau sikring putus,
3) Flasher rusak (tanda belok mati)
3) dudukan lampu sudah rusak, dan
4) bahkan jaringan kabel ada yang putus.



Dengan memperhatikan beberapa penyebab masalah di atas, jika lampu mobil belakang ada yang putus maka periksalah mulai dari hal yang mudah:

Pertama, periksalah fuse (sikring) pada kotak fuse apakah ada yang putus atau tidak?
Kedua, jika fuse tidak putus, periksalah lampu belakang yang mati. Jika lampu putus maka ganti.

Namun jika lampu tidak putus atau sudah diganti tidak mau menyala, maka ada masalah pada saklar atau jaringan kabel kelistrikan. Jika Anda tidak kompeten bidang kelistrikan body mobil, serahkanlah pada bengkel mobil profesional.

Tips Lampu Mundur Mati

Jika diperlu, Anda bisa menggantinya lampu mundur dengan lampu yang lebih terang, bisa juga menggunakan high mounted stop lamp untuk pilihan alternatif.

Sebelum melakukan penggantian lampu belakang mobil, Anda perlu menyiapkan lampu mundur dengan watt yang lebih besar agar lebih terang.

Selanjutnya gantilah fitting lampu mundur dengan fitting 2 kaki (lampu rem dan lampu kecil) ini sebagai alternatif lain.

Anda akan menemukan 2 kabel pada lampu mundur pada mobil anda, yang pertama adalah kabel masa dan satunya lagi adalah kabel lampu mundur yang tersambung parallel.

Bila semuanya sudah tersambung dengan baik, Anda tinggal memasang lampu pada dudukannya saja.

Akan tetapi, tentunya anda harus mengerti tentang sistem kelistrikan pada mobil. Bila anda tidak memiliki kemampuan tersebut, sebaiknya anda pilih bengkel mobil yang paham mengenai kelistrikan mobil.



Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016

1 comment:

  1. Setelah membaca artikel tersebut aku jadi tahu gimana caranya mengganti lampu belakang mobil, jadi gak perlu repot-repot ke bengkel deh. Makasih infonya kakak. Saat ini terdapat beberapa jenis mobil yang beredar di pasaran. Jadi Anda perlu mengetahui jenis-jenis lampu tersebut agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda. Info tersebut bisa disimak disini nih.

    ReplyDelete