}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/08/2016

Kamus Otomotif S, Sa-St

S, Sa-St

Sabuk penggerak
Adalah sabuk transmisi yang terbuat dari bahan komposit (benang, kawat, dan karet) yang menggunakan perputaran puli poros engkol yang berfungsi meneruskan putaran ke alternator, pompa air, pompa power steering, dan kompresor AC, jika dilengkapi dengan onderdil tersebut. Keuntungan sabuk penggerak adalah tahan terhadap beban kejut dan tidak memerlukan pelumas.

Satuan Kecepatan
Adalah satuan jarak tempuh dibagi waktu tempuh, Amerika menerapkan m.p.h. satuan kecepatan mil per hour (mil/jam). Sedangkan satuan kecepan di Indonesia menggunakan satuan SI yaitu km/jam. 1 mil/jam atau mph  = 1.6093 km/jam. sedangkan 1 km/jam = 0.621 mil/jam. 

Satuan Volume
Adalah besaran turunan luas alas dikali tinggi. Satuan volume di Indonesia menggunakan satuan SI yaitu cc (cubic centimeters) = 1/1000 liter. sedangkan UK (United Kingdom) atau British mengggunakan satuan volume cubic inches (cu.in). 1 cu.in = 0.0164 liter = 16.3866 cc.

SAE
Adalah kepanjangan dari Society of Automotive Engineer merupakan lembaga insinyur otomotif yang juga sikatannya digunakan untuk jenis dan satuan ukuran kekentalan oli. 

Safety car
Adalah mobil yang digunakan untuk memeriksa apakah trek telah siap digunakan, Safet car ini akan mengelilingi trek sebelum lomba akan dimulai dan kemudian melaporkan kepada pimpinan perlombaan.

Saloon (sedan)
Adalah kendaraan versi nyaman dan mewah karena sangat aerodinamis. Fasilitas yang diberikan jenis ini juga di atas standar. 

Saringan Bahan Bakar (Fuel Filter)
Adalah suatu bagian sistem bahanbakar yang  digunakan untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh bahan bakar sebelum memasuki pompa bahan bakar.

Saringan udara (Air Filter)
Adalah suatu bagian sistem pembakaran yang berfungsi untuk membersihkan udara sebelum masuk ke intake manifold menuju ruang pembakaran.

Seating Reference Point
Adalah pengaturan supaya sudut tempat duduk penumpang seoptimal mungkin dan dirancang  dengan ergonomis agar tempat duduk menjadi nyaman.

Selectable 4WD
Adalah suatu sistem yang memberikan pilihan lebih banyak kepada pengemudi sehingga dapat memilih jenis penggerak roda, termasuk 2WD, 4WD, agar memberikan traksi maksimal di lintasan. Sistem tersebut dipakai oleh: Mitsubishi Montero, Jeep Cherokee, Acura SLX, Grand Cherokee, Infiniti QX4, Ford Expedition, dan Isuzu Trooper. 

Self Leveling Suspension (SLS)
Adalah sistem yang bekerja pada suspensi  belakang yang berfungsi menjaga tingkat/ketinggian  sesuai dengan beban yang diangkut kendaraan. Sistem ini berkerja secara otomatis saat mesin hidup ataupun saat kendaraan bergerak. SLS ini menggunakan udara bertekan (pneumatic). Bila ketinggiannya berkurang sebab muatannya bertambah, SLS secara otomatis menambah tekanan udara pada saat suspensi mengalami penambahan beban angkut atau juga  perubahan posisi kendaraan. Sedangkan apabila muatan  berkurang, sistem ini secara otomatis mengurangi tekanan udara sehingga mengembalikan ke posisi semula.

Selubung engkol
Adalah suatu onderdil mesin yang mengelilingi poros engkol.

SEMA
Adalah Singkatan dari Speciality Equipment Market Association, Badan pemsaran pabrikan otomotif di Amerika Serikat.

Sensotronic Brake Control (SBC) 
Adalah suatu sistem elektronik yang dipadukan dengan sistem rem  yang menggunakan sinyal tekanan pada pedal rem. Kemudian diteruskan ke reservoir bertekanan tinggi. Penggunaan sistem ini menyesuaikan seberapa kuat tekanan kaki  pengemudi pada saat menginjak pedal rem. Jadi kepakeman rem menjadi bervariasi sesuai reaksi selama pengereman. SBC ini juga bekerjasama dengan sensor pada sistem ESP (sudut kemiringan roda) dan ABS (putaran roda).

Sensor Camshaft Position
Adalah suatu teknologi yang terdapat pada mobil Jaguar. Sistem ini berfungsi mengirim sinyal tegangan bolak balik ke Powertrain Control Module, yang dimana posisi silinder nomor satu dihitung. Proses bekerja sejak awal start mesin hidup. Apabila mesin sudah hidup maka sinyal ini digunakan untuk mengontrol urutan injeksi bahan bakar.

Sequential
Adalah suatu transmisi pengoprasian bertanda positif (+) serta negatif (-)

Service Car
Adalah beberpa kendaraan untuk mendukung jalannya perlombaan balap, kendaraan ini meliputi ambulans dan derek.

Scrutineering
Adalah proses pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh. 

Setang Piston / CONNECTING ROD
Adalah lengan penghubung piston dengan poros engkol (crankshaft), sekaligus mengubah gerak naik turn menjadi gerak putar pada poros engkol.

Sliding
Adalah sebuah benda yang tidak bergerak berputar, namun bergerak dengan bergeser. Misal Pengereman mendadak ketika kecepatan tinggi sehingga mengakibatkan roda terkunci, tetapi mobil tetap melaju.

SOHC
Adalah suatu jenis mekanis katup tipe Single Over Head Camshaft artinya satu poros cam di atas head silinder (kepala silinder)

Spin
Adalah benda berputar pada poros dan bergesekan dengan alasnya. Namun posisinya tidak berubah.

Studded Tire 
Adalah jenis Ban berpaku digunakan pada litasan es/salju.

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/08/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/08/2016

No comments:

Post a Comment