}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus otomotif P, Pa-Po

P, Pa-Po

Pace Car
Adalah mobil pemandu lintasan balap

Paddock
Adalah tempat parkir mobil balap dan untuk parkir mobil pembalap disebut juga supporting area 

Paking
Adalah bahan dengan ketebalan tipis dan memiliki kuletan yang baik, paking berfungsi sebagai penutup di antara dua bagian permukaan belahan mesin.

Panel sekring 
Adalah kotak yang berisi kumpulan sekring (fuse) sehingga mudah melihat fuse rangkaian mana yang putus.

Parktonik
Adalah pendeteksi dan pemberi informasi jika ada jarak dijalan  yang sempit. Sistem ini bekerja menggunakan indikator Bar Graph yang ada pada display.

Park Distance Control (PDC)
Adalah sistem parkir ini berfungsi memandu pengemudi ketika memundurkan mobil atau kendaraan ke tempat parkir. Selain itu dapat mengukur jarak dari obyek yang terdekat, terdapat empat sensor ultrasonik yang dipasang di bagian bemper belakang. Sedangkan dua sensor tengah mencapai jangkauan kurang lebih 1,5 m. 

Part-time 4WD
Adalah sistem penggerak yang menuntut pengemudi mengatur secara manual sistem penggerak dari 2WD ke 4WD dengan cara menggunakan tombol maupun tuas. Kebanyakan proses perpindahan itu dilakukan dalam kondisi berjalan. Daya mesin dibagi berbanding 50:50 pada roda depan dan belakang. Sistem ini banyak dipakai pada pickup dan SUV seperti Nissan Pathfinder, Mitsubishi Montero Sport, Chevrolet Blazer, Jeep Cherokee, Toyota 4Runner, dan Jeep Wrangler.

PCNA
Adalah Porsche Cars North America Inc. merupakan suatu unit lembaga dari management Porsche untuk menangani para konsumen di Amerika Utara.  

Pegal Gas 
Adalah Pedal gas pada mobil yang berfungsi mengatur pembukaan throttle valve yang memberikan pemasukan bahan bakar menuju saluran isap silinder pada mesin sehingga dapat mengatur laju kendaraan berdasarkan konsumsi pemasukan bahan bakar. 

PES (Poly Ellipsoid System)
Adalah sistem lampu sorot Xenon ataupun Halogen. PES terdapat reflector elliptis yang merupakan hasil pancaran lampu optik projector. 

Pegas Katup
Adalah suatu pegas jenis coil yang berfungsi mengembalikan posisi katup agar katup kembali tertutup setelah terbuka oleh cam atau nok.

Pegas Suspensi
Adalah suatu pegas yang bertugas menghubungkan frame (rangka) dengan poros roda. Selain itu juga berfungsi peredam getaran dan tumbukan ketika mobil berjalan pada permukaan lintasan yang berlubang dan bergelombang. Pegas suspensi dapat dibedakan menjadi lima macam yaitu pegas torsi, pegas daun,  suspensi udara, dan pegas ulir.  

Pelurusan
Adalah pemeriksaan  bagian kendaraan agar onderdil tetap berada pada posisi standar, misal pelurusan roda mobil. 

Pembersih udara
Adalah selubung plastik maupun dari logam terdapat pada saluran ke karburator ataupun pipa masuk  pada saringan udara untuk menyaring udara yang masuk ke dalam saluran menuju karburator ataupun saluran yang menuju ruang bakar.

Penyalaan titik pemutus arus
Adalah suatu sistem penyalaan  dengan dua titik kontak untuk menghentikan atau menghubungkan aliran listrik pada distributor mekanis terdapat pada mesin konvensional.

PTO
Adalah singkatan dari Power take-off pada performa mesin

Pit area
Adalah tempat untuk para team mekanik dari seluruh peserta balap.

Pit Garage/box
Adalah Garasi untuk menyimpan kendaraan balap yang akan berlomba.

Post Marshall
Adalah tempat para petugas di sekitar lintasan seperti Fire Marshall, Flag Marshall,Course Marshal. Jumlah pos ini sama dengan jumlah titik tikungan yang ada dan  biasanya lokasi posnya ditempatkan sebelum tikungan. 

Pro Drive
Adalah rumah dapur pacu mobil rally & balap istilah inggrisnya adalah  Ban bury.

Pro Stock Bike
Adalah motor standar balap yang diproduksi di atas tahun 1987, volume ruang bakar di atas 750 cc, kecepatan dapat mencapai 288 km/jam.

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment