}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/04/2016

Kamus Otomotif A, Ai-Al

Air Bag
Adalah teknologi kantong udara untuk menahan penumpang bagian depan ketika tabrakan terjadi. Biasanya Air Bag tersimpan di lingkaran dalam roda stir dan  dashboard. Teknologi Air Bag ini diklaim sebagai teknologi yang lebih canggih ketimbang seatbelt atau sabuk pengaman karena Air Bag bukan sekedar menahan dengan cara mengikat penumpang ke kursi tapi menjadi bantalan yang terkembang di depan wajah si penumpang tepat saat tabrakan terjadi dan langsung menahan benturan ke dashboard dan kaca depan. 


Air Dam
Lubang masuk udara yang berfungsi mereduksi hambatan aerodinamika, sekaligus membantu mendinginkan radiator dan ruangan mesin. 

Air Spring
Pegas udara yaitu silinder karet atau kantong udara yang berisi udara yang ditekan. 

Air sprung rear axle
Disebut juga suspensi balon. Perangkat ini berfungsi mengubah konstanta per (spiral) sesuai kebutuhan. Sehingga dapat mengantisipasi mobil yang tak terbebani ataupun over load agar suspense terasa lembut. Prinsip suspensi balon ini menghasilkan  ayunan yang dihasilkan pada kantung udara. Dapat diatur tekanannya guna menahan beratnya beban dan menyerap body roll. Prinsip kerjanya diatur oleh kompresor, oleh karena itu antisipasi paling penting adalah mengganti dinamo ampere standar (115
ampere) dengan yang lebih besar (>140 ampere), agar aki tidak tekor ketika beban  kerja tinggi. Kelemahannya beban berat, lama kelamaan akan menimbulkan masalah. Bagian belakang akan amblas, membuat bagian depannya mendongak. Penggantian per dengan jenis dan tipe yang lebih keras membuat mobil lebih kokoh saat dimuati beban lebih.

AIS
Autosport International Show

Alternator noise
Lengkingan suara saat sistem audio diaktifkan. Hal ini terjadi karena sistem accu, alternator dan kabel yang kurang beres.

All Wheel Drive (AWD)
Mobil yang menganut sistem ini mendistribusi tenaga ke empat roda setiap waktu. Jadi tidak perlu mengoper tuas atau tombol penggerak roda dari posisi gerak roda dua ke roda empat sebaliknya. AWD cukup mampu untuk melibas jalanan pedesaan, offroad ringan dan bukit landai. Pada kenyataannya, ground clearance (jarak terendah antara mobil dan tanah) yang sering menghentikan mobil, daripada ketidakmampuan AWD. 

Gbr. Perbedaan AWD dengan FWD, FWD (FF), dan RWD (FR)


Mobil-mobil yang menggunakan system AWD: Audi Quattro; Mitsubishi Eclipse, 3000GT; Mercedes-Benz E320; Subaru; Volvo V70 ; Chrysler Town & Country; Dodge Grand Caravan; Mazda MPV; Honda CR-V; Lexus RX300. 

All Terrain Vehicle (ATV)
Bentuk ATV mirip motor pendek beroda empat. Kendaraan ini sangat kuat terutama di medan offroad, seperti jalanan tanah atau berpasir seperti di pantai, di pertanian, di gurun pasir. Selain punya daya jelajah yang tinggi, ATV juga kuat untuk towing atau menarik kendaraan lain. Kendaraan berdaya angkut besar ini punya tenaga besar namun ukuran badannya yang berdimensi kecil, nyaris seperti motor buat anak-anak. 

Gbr. ATV


Gerak rodanya di belakang atau rear drive yang punya shaft tunggal. Tenaganya yang besar tidak cocok untuk jalanan aspal dan sering menyebabkan terjadinya spin dan slide ketika  melakukan pembelokkan. Walau bernama ATV, sebenarnya kendaraan ini lebih cocok disebut OTV (Off Road Terrain Vehicle).

All system traction control
Menggunakan ABS dan komputer pengontrol mesin.  Prinsip kerjanya, pada saat sistem pengerem bekerja, komputer mengurangi daya yang dihasilkan mesin atau memindahkan ke gigi transmisi yang lebih tinggi untuk mengurangi wheel spin. Untuk kecepatan tinggi. Perangkat ini terpasang pada mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class dan E-Class, BMW Seri 7, Lexus LS400 dan Cadillac DeVille.

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/04/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/04/2016

No comments:

Post a Comment