}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/03/2016

Kamus Otomotif A, Am-Ax

Ammeter
Alat yang mengukur dan melaporkan aliran arus listrik.

Anti Dazzle Mirror
Sistem keamanan pada kaca spion interior untuk memunculkan bias gelap saat terkena cahaya. Di antara dua lapisan kaca spion, biasanya dipakai lembar film yang sangat  tipis atau cairan khusus. Dihubungkan lewat tegangan listrik tertentu, lapisan mediator inilah yang memunculkan bias yang gelap saat terkena cahaya. Selain BMW, mobil-mobil Eropa lainnya seperti Audi, Volvo dan mercedes benz juga mempunyai fitur keamanan serupa.

Anti Intrusion
Struktur body anti penyok. Anti-Scan, Anti-Grab Prevention Kode pada alarm yang artinya alarm mempunyai kemampuan mengantisipasi pembajakan nomor kode dan frekwensi. Cara kerjanya remote control mengirim nomor kode dan frekwensi yang berbeda ke sensor secara acak. Akibatnya data yang terekam pembajak akan selalu berbeda dengan remote control.


Anti skid footplate
Alas kaki tambahan yang ditempatkan di atas dek pengemudi dan penumpang depan pada mobil sport. Luas penampang lebih lebar mengikuti bentuk dek.

Aquaplanning
Gejala Aquaplanning terjadi pada saat ban membelah air, akibatnya bagian depan terasa lebih berat karena ban kehilangan traksi dan kemampuan mengerem. Hal ini disebabkan karena terbentuknya lapisan segi tiga antara ban dan permukaan jalan
yang basah.

Ash Carbon
Kerusakan busi yang disebabkan karena endapan abu. Tanda-tanda : endapan berwarna coklat muda menempel di sisi atau di tengah elektroda, atau keduanya. Endapan yang terlalu banyak bisa menyelimuti busi, sehingga busi macet sewaktu
berakselerasi.

ATF
Automatic Transmission Fluid

ATPM
Singkatan dari Agen Tunggal Pemegang Merek. Merupakan jalur resmi masuknya mobil-mobil buatan luar negeri ke Indonesia.

Auto lock / unlock
Sistem ini secara otomatis akan mengunci pintu dalam 5 detik setelah mesin dihidupkan dan sebaliknya kunci akan terbuka 5 detik setelah mesin dimatikan. 

Automatic 4WD
Sistem ini bergerak dengan 2WD, hingga system mendeteksi perlunya menggunakan 4WD. Secara otomatis daya dibagi ke roda depan dan belakang dengan perbandingan sesuai kondisi medan. Pada umumnya  sistem otomatis bekerja bila salah satu ban slip. Yang lebih modern, menggunakan software yang dapat mengubah ke 4WD sebelum roda slip, dengan menganalisa kondisi jalanan.

Automatic Braking System
Seluruh komponen rem baik pada induk maunpun gandengannya yang biasa digunakan pada truk-truk gandengan yang panjang.

Automatic Cruise Control
Piranti ini berupa perangkat pembantu yang mengatur laju kendaraan. Caranya dengan mendeteksi laju kendaraan di depannya. Sistem pengereman berfungsi secara  tomatis, jika mendeteksi benda di depannya akan mengurangi kecepatan mendadak.

Automatic Disable Starter
Senjata pelindung terakhir pada mobil. Cara kerjanya pada saat si pencuri berusaha memasuki kabin dan memaksa menghidupkan mobil maka Auto Relay Starter berperan dengan memutus arus listrik pada rangkaian pengapian. 

Automatic Engine Cut Off
Teknologi pembatas putaran mesin yang dipakai pada mobil BMW sejak tahun 1990. Cara kerjanya dikontrol oleh Electronic Computer Unit (ECU) yaitu ketika jarum tachometer menyentuh angka 6.500 rpm, maka secara otomatis mobil akan menurunkan putarannya sehingga mesin tidak mengalami over-revving (melampaui batas putaran maksimum). 

Automatic Stability Control
Sistem suspensi yang dikembangkan perusahaan otomotif BMW yang berfungsi untuk mencegah spin di ban saat melakukan akselerasi. Penggunaannya di terapkan di BMW 323iA.

Automatic Stability Control+Traction
Fungsi utama piranti ini adalah mencegah terjadinya ban selip dan menjaga stabilitas mobil dalam kondisi jalan apa pun seperti beraspal kering, basah maupun bersalju. Cara kerjanya, beberapa sensor di roda dan mesin menangkap kinerja keduanya. Setiapkali ada gejala overpower yang mengakibatkan roda selip dan kehilangan traksi, unit komputer akan membatasi output tenaga yang dihasilkan mesin. Bersamaan dengan itu, putaran roda juga dikurangi dengan rem ABS mulai 0 hingga 100 %. Efeknya seperti menggunakan limited slip differential tapi jauh lebih sempurna karena kerjanya berdasarkan program. 

Automatic Transmission 
Artinya Transmisi otomatis. Transmisi atau persneling atau pengoperan gigi secara otomatis. Jika mobil transmisi konvensional atau yang biasa, bekerja dengan cara menginjak kopling memindahkan gigi lalu kembali menginjak gas. Maka transmisi otomatis ini tidak menggunakan kopling. Si pengendara hanya perlu menginjak gas (seperti kalau naik boom-boom car). Dalam kecepatan tertentu gigi akan berpindah dengan sendirinya dan kendaraan pun akan terus melaju semakin cepat sesuai dengan injakan gas si pengemudi. Sistem transmisi ini memang cocok untuk Urban Vehicle atau mobil di kota yang penuh macet. Karena si pengemudi jelas tidak akan lelah karena menahan kopling. Beberapa mobil menggunakan jenis transmisi ini, misalnya Hyundai Atoz atau Mercedes Benz AClass. Tapi banyak pengemudi lebih menyukai transmisi manual karena ‘tarikan’ tenaganya lebih terasa.

Automatic Volume Control
Sensor suara yang dipasang di dapur pacu gunanya untuk mengatur volume radio tape agar tidak terganggu dengan deru suara mesin. Apabila suara mesin terdengar keras maka secara otomatis suara radio tape juga akan mengeras. 

Automatic wiper
Gerak wiper otomatis

Axle Ratio
Perbandingan putaran roda gigi transmisi dengan roda (gardan). Misalnya : apabila transmisi memiliki 10 gigi dan garden punya 30, maka transmisi perlu tiga kali putaran untuk membuat roda sekali berputar. Bahasa teknisnya, rasio tiga banding satu (3:1).

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/03/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/03/2016

No comments:

Post a Comment