}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus Otomotif F, Fe-Fr

Fender
Bagian dari bodi depan mobil yang terletak di atas ban. Wajah atau moncong mobil terdiri dari 3 bagian besar, pertama adalah kap tutup mesin, lalu grill yang ada di antara kedua lampu depan dan Fender di samping yang jadi ‘pipi’ dari wajah mobil. Biasanya terbuat dari metal tapi ada juga yang terbuat dari plastik keras seperti fender mobil Corvette atau Saturn.

FIA
Federation Internationale de L’Automobile. Sebuah organisasi bermarkas di Paris, yang mengurusi berbagai peraturan perjalanan otomotif di luar negeri. Banyak organisasi otomotif sedunia yang mengacu pada organisasi ini.

Flag
Petugas pemegang bendera pada arena balap mobil.

Flat Out
Turun 2 gigi (X track) misal gigi 4 flat out di gigi 6. 

Fluida Transmisi
Digunakan untuk memindahkan torsi ke konverter torsi, memindahkan tekanan hidrolik, melumasi bagian-bagian yang bergerak, dan memindahkan panas.

Flywheel
Gunanya untuk meneruskan putaran kruk as agar ia tidak mudah berhenti.

Foeler
Merupakan bilah ukur terbuat dari logam tipis, pipih yang  berfungsi untuk mengukur kecepatan lebar celah katup, celah busi, celah platina, dsb. Lembar bilah ukur memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Bilah ukur digunakan dalam posisi lurus (tidak miring) untuk menghindari kesalahan pembacaan hasil pengukuran.

Fog Lamp
Fungsinya menyempurnakan penerangan pada permukaan dan pinggiran jalan ketika mengemudi di cuaca berkabut, hujan lebat atau melalui jalan berdebu. Bentuk sinar lampu kabut persis lampu depan, menyebar ke samping. Sinarnya dibatasi horizontal agar cuma menerangi permukaan jalan tak mengarah ke atas. Lampu kabut umumnya ditempatkan di bumper depan. Jarak terendahnya dari aspal tak kurang dari 25 cm.

Fog Warning Lamp
Sama-sama menjadi lampu kabut tapi dipasang di bagian belakang mobil. Berwarna merah dan memiliki intensitas sinar lebih terang ketimbang lampu belakang atau lampu rem. Meski terpasang di tempat yang sama dengan lampu belakang, fog warning lamp punya tombol terpisah untuk mengaktifkan. Lampu ini wajib dilengkapi indikator warna kuning di dashboard. 

Follow Me Home
Sistem yang bisa membuat lampu depan dan kabin menyala selama 45 detik, meskipun pengemudinya telah mencabut kunci kontak dan beranjak keluar mobil. Tujuannya agar pengemudi tetap mendapatkan cahaya yang cukup, sesaat sebelum turun bahkan setelah meninggalkan mobil. Tehnologi ini ada pada Peugeot 307. 

Footrest
Alas kaki tambahan yang terbuat dari plat logam bercorak (bordes) yang ditempatkan di dek navigator mobil sport. Bentuknya tidak terlalu besar (pijakan dua telapak kaki) dan dipasang berdasarkan sudut tertentu (adjustable). 

Forged Alloy
Sebutan untuk logam yang ditempa sehingga memiliki kekerasan tingkat tinggi.  

Formula Plate
Alas kaki tambahan yang ditempatkan di atas dek pengemudi dan penumpang depan pada mobil sport. Namun materialnya lebih ringan didukung finishing berkelir silver atau titanium agar asosiasi ringan semakin terlihat.

Four Wheel Drive (FWD/4WD)
Istilah 4 WD ini menunjukkan bahwa mobil yang menggunakan sistem 4 WD mempunyai 4 roda yang menarik mobil tersebut. Untuk kendaraan yang menggunakan 4 WD jelas lebih bertenaga karena ke empat rodanya yang membawa lari mobil tersebut. Pada awal 1900 teknologi 4WD diterapkan ke truk karena fungsi angkut yang mengharuskan truk bertenaga tarikan besar. Pada Perang Dunia II teknologi 4 WD di terapkan ke Jeep militer CJ oleh perusahaan Ford, untuk  memberikan daya jelajah yang tinggi. Setelah sukses mendukung kendaraan militer, teknologi 4 WD menjadi terkenal dan diadopsi oleh berbagai fabrikan otomotif, seperti Chevrolet. Kini, jenis mobil yang menggunakan 4 WD adalah SUV, offroad, dan kendaraan segala medan.

Four Wheel Electronic Traction Control (4ETC)
Cara kerjanya sistem ini adalah sensor kendali traksi yang ditempatkan di setiap roda, mesin dan transmisi akan mendeteksi gejala selip, output tenaga dari mesin dan efektivitas penggunaan gigi pada transmisi. Rangkaian pendeteksi ini akan mengirim sinyal pada ECU untuk mengurangi atau meningkatkan tenaga pada roda yang traksinya melemah supaya mobil bisa jalan terus tanpa perlu pengoperasian gigi. Anda tinggal injak gas perlahan lalu maju sedikit, komputer akan memutuskan berapa tenaga yang diperlukan.

Funny Car
Body full carbon fiber (Graphite), boleh memodifikasi body tapi lampu rem, lampu depan dan sein harus standard pabrik. 8200 cc, bahan bakar nitro methane, super charger, berat min 1.023 kg 

Free For All
Kelas paling bergengsi untuk drag dengan NOS, Turbo atau  Turbocharger. 

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment