}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/09/2016

Kamus Otomotif V, Va-Vv

V, Va-Vv

Valve Tire
Biasa disebut pentil ban atau dop. komponen ini berfungsi untuk pintu masuk udara, sekaligus mencegah terjadinya kebocoran udara dari saluran pengisian. Di bagian dalamnya terdapat perangkat kecil bernama valve core yang memiliki fungsi sebagai katup masuk udara. 

Vacuum Light Adjuster
Teknologi berfungsi membuat ketinggian sinar lampu depan dapat diatur otomatis, sesuai kondisi jalan serta pergerakan bodi mobil. Sistem ini mampu menyesuaikan sudut fokus lampu berdasarkan sensor input depan, sementara sensor pada poros roda belakang berfungsi mendeteksi pergerakan bodi. Kemudian sinyal ini dikirimkan ke alternator hanya dalam hitungan seperdetik.

Valvetronic
Teknologi ini ada pada mesin BMW. Berfungsi untuk mengatur pembukaan tutup katup juga mengatur panjangnya saluran masuk. Buka tutupnya dikendalikan oleh katup servo sesuai dengan data yang diterima dari sistem control unit mobil. Cara kerjanya yaitu untuk memperbesar buka tutup katup pada elektromotor yang menekan tuas pemacu dan sekaligus berfungsi menekan katup. Akibat posisinya  lebih ke depan, maka tekanan poros cam membuka lebih besar dan apabila bergerak mundur pembukaan akan mengecil. Penekanan terjadi melalui roda gigi yang dihubungkan dengan elektromotor terhadap tuas pembuka. Jadi tuas ini selain untuk  mengatur besar dan waktu pembukaan, juga berfungsi  sebagai perantara antara poros nok dengan katup.

Vanos
merupakan jenis variable valve timing, yaitu tehnologi dengan desain mesin yang dikembangkan pabrikan BMW. Sistem ini mampu mengubah waktu buka tutup katup sehingga mesin mempunyai kinerja yang unggul pada putaran rendah dan tinggi. Hasilnya mesin menjadi hemat bahan bakar, dengan kapasitas silinder kecil mampu  menghasilkan kinerja bagus pada semua tingkat putaran mesin. Teknologi Vanos dikembangkan BMW dengan nama double vanos yang merupakan sistem dua vanos yang bekerja pada katup masuk dan buang.

Van/minivan
merupakan sebuah konsep kendaraan yang dirancang untuk keperluan keluarga sama seperti kendaraan jenis minibus dimana kapasitas tempat duduk cukup banyak dan mampu memuat barang-barang. Namun beberapa van bahkan menerapkan pintu geser sehingga lebih elegan.

Variocam
merupakan jenis Variabel Valve Timing atau VTEC buatan Porsche. Variocam adalah perpaduan antara dua buah konsep mesin yaitu camshaft adjusment dengan valve lift control. Berkat Variocam ini, Porsche 911 terbaru dapat berakselerasi lebih cepat dibandingkan Porsche 911 edisi sebelumnya. Dari kecepatan 0-100 km/jam hanya butuh waktu 5 detik. Tentu saja performa akselerasi ini bukan hanya kerja Variocam sendirian namun juga dibantu oleh sistem intake yang memiliki resonansi. Selain itu, Variocam juga dapat membantu untuk meningkatankan kecepatan sehingga dapat membuat sistem pengendalian 911 edisi baru menjadi lebih  responsif.

Vehicle Identification Number (VIN)
Merupakan nomor identitas mesin pada mobil CBU. Dengan membaca VIN dapat diketahui lebih detil tahun produksi, negara pembuat, negara pengekspor, negara pengimport, tipe mobil, dan  pabrik pembuatnya. Sebagai contoh : JAC D H 5 8 V X P 7 8 00001. Cara membaca VIN ini yaitu JAC = Isuzu MPV menunjukkan maker identifier, D adalah brake range, H = penggerak 4×4, angka 5 = model, angka 8 = tipe bodi door short/long wheel base, huruf V = tipe mesin yakni 6VD1-V gasoline tipe 3.2 LSOHC V6 FI (Fuel  Injection), huruf X berarti check digit, huruf P = tahun model pembuatan, angka 7 adalah plant of manufacture yakni Fujisawa (Jepang), angka 8 = sequential identifier yakni USA/PR (truk), deretan angka 00001 adalah nomor urut produksi.

Velg Bead Lock
Merupakan velg yang memiliki ring pengunci bead (bibir) roda yang dipakai. Bentuknya miripcincin di bibir velg yang dilengkapi baut agar dapat menjepit bead. Hal tersebut berguna untuk menangkal problem spin antara velg (pelek) dengan ban. Terutama pada tekanan ban direndahkan akan mendapatkan traksi maksimum di medan lumpur ataupun mendan bebatuan (rock crawling). Dengan dijepitkan bibir ban maka posisinya tak akan berubah walaupun tekanan ban hanya tersisa sekian psi saja. Yang perlu diperhatikan adalah velg dengan bead lock direkomendasi untuk kecepatan rendah (offroad).

Velg celog
Adalah velg yang memiliki bibir velg lebih lebar.

Velg tertutup
Adalah velg full disc berbentuk piring yang menutupi seluruh permukaan velg. 

Velg three pieces
Velg ini terdiri dari tiga bagian antara lain outter rim (bagian belakang), inner rim (bibir luar), dan center curve. 

Velg two pieces
Velg yang terdiri dari dua bagian tengah (center curve) serta bagian sisi luar (inner-outter rim)yang menyatu.

Velocity Responsive Damping (VRD)
Sistem ini adalah penyempurnaan dari sockbreker memiliki dua kandungan zat di dalamnya (gas dan oli). Sockbreker VRD ini dilengkapi konstruksi baru yang menghadirkan VRD value. Katup dilengkapi beberapa piranti yang menyerupai rahang dan ditempatkan di dalam piston. VDR ini bertugas mengendalikan arus oli dan gas. Dengan adanya  rahang ini, jalur oli dan gas menjadi lebih sempit. Maka kedua aliran zat peredam dapat mengalir tanpa hambatan ketika jumlah tekanan rendah. Sedangkan, dalam jumlah tekanan tinggi, rahang ini akan membatasi arus saat mendapat viskositas oli meningkat. Sehingga hasilnya, peredam kejut menjadi semakin responsif pada kondisi apapun.

V-engine
Adalah konfigurasi mesin yang dimana dua susunan batang piston dan arah piston dari silinder disusun menyudut dan membentuk huruf V. 

Versnelling 
Berfungsi  mengubah percepatan jalannya kendaraan akibat perubahan ratio dari transmisi. 

Victory Lap
Adalah  pembalap memutari sirkuit setelah melewai garis finish. 

Voice Coil
Adalah komponen motorik pada subwoofer. Cara kerjanya ketika  Arus AC masuk membuat voice coil menekan ataupun mendorong coil keluar dari jangkauan medan magnet sehingga membuat energi akustikal sehingga menimbulkan suara pada speaker. 

VTEC
Adalah singkatan dari ‘Variable Valve Timing and Lift Electronic Control’. VTEC berfungsi memberikan keran otomatis yang dimana katup dapat mengatur sendiri timing dan waktu membuka dan menutup. Selain itu juga VTEC juga dapat mengatur sendiri seberapa besar katup harus membuka, sesuai kebutuhan mesin pada saat rpm mesin rendah sampai rpm tinggi. Teknologi ini digunakan sejak lama oleh HONDA diberi nama VTEC. Sedangkan, teknologi juga banyak digunakan pada beberapa Merk keluaran HONDA. Adapun pabrikan selain HONDA seperti Volvo yang juga sudah lama menggunakan teknologi hampir mirip dengan VTEC.   

VVT-i
Kepanjangan dari Variable Valve Tuning-Intelligent . Teknologi ini dikembangkan oleh pabrikan Toyota dan diterapkan pada beberapa unit hasil produksinya, Seperti avansa, innova, fortuner, dan masih banyak lagi. Teknologi  VVT-i adalah teknologi pada sistem mekanisme katup yang  memungkinkan tuning katup bekerja variabel sehingga sangat berpengaruh ke performa mesin dan mobil menjadi lebih efisien dan responsif baik dalam  menghadapi medan lurus maupun mendan menanjak.


Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016

No comments:

Post a Comment