}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus Otomotif K, Ka-Kr

K, Ka-Kr

Kabel Bowden fleksible 
Adalah bagian dari komponen pada sistem power windows. Kegunaannya untuk power dari motor listrik ke penggerak stiff Bagian dari power windows. 

Kaliper rem
Onderdil pada sistem rem teromol yang menerima tekanan dari sepatu rem cakram (pad).

Kantong udara (Air bag)
Adalah sistem keselamatan pada kendaraan yang bekerja dengan zat pemicu gas dalam kantong-kantong tersembunyi apabila sensor di bagian depan dan samping  mobil terkena benturan / tabrakan. 

Kamm tail
Adalah desain badan kendaraan dirancang oleh pakar aerodinamis dari Jerman yang bernama Dr. Wunibald Kamm, desainnya mampu memberikan sebuah percepatan aerodinamis dengan memotong ekor secara menyilang..

Karburator
Adalah komponen pada sistem bahan bakar yang berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara ssebelum masuk ke intake manifold atau saluran masuk menuju ruang silinder

Katalistik Konverter
Adalah suatu alat untuk mereduksi atau menurunkan kadar gas sisa pembakaran. Di dalamnya terdapat bahan yang dapat bereaksi secara kimiawi terhadap gas buang. Bahan ini mampu mereduksi sejumlah hidrokarbon, karbon monoksida, NOx dalam gas buang. Komponen Katalis Konverter ini dipasang pada pipa buang pada mufler.

Katup (Valve)
Adalah komponen yang terdapat pada sistem mekanisme katup yang terletak di head cylinder (kepala silinder). Katup dibagi menjadi dua jenis yaitu katup masuk (intake valve) dan katup buang (exhaust valve).

Katoforetik
Adalah tahap penempelan bahan pelindung bodi kendaraan. 

Kemudi servo
Adalah unit hidraulik yang dapat memperbesar gaya tekan yang berasal dari kemudi, kemudian diteruskan pada sistem kemudi roda depan. Dengan adanya kemudi servo, kemudi menjadi lebih ringan. 

Kepala Silinder (Head Cylinder)
Adalah bagian dari mesin yang terdapat mekanisme katup dan terdapat chamber atau kawah pembakaran, selain itu terdapat lubang masuk dan buang. Letaknya di atas block cylinder.

Kickdown
Adalah tombol atau sambungan untuk memindahkan percepatan persneling lebih rendah ketika pedal gas ditekan. Kick down terdapat pada sistem pengoperasian transmisi otomatis.

Klakson
Adalah suatu komponen kelistrikan yang dapat penghasil suara peringatan pada kelistrikan kendaraan.

Klep Relief
Adalah suatu katup yang terdapat pada sistem pelumasan oli pada kendaraan yang berfungsi mengatur debit oli saat mesin hidup.

Knee Bar
Adalah panel yang terletak di bawah dashboard, knee bar ini berfungsi untuk mencegah penumpang depan  terdorong ke bawah (dashboard) apabila terjadi reaksi gaya spontan saat terjadi benturan.

Koil penyalaan
Adalah alat elektromagnetik pada mobil yang berfungsi mengubah voltage (tegangan listrik) rendah menjadi voltage tinggi yang selanjutnya diteruskan ke busi pengapian agar terjadi percikan bunga api.

Kondensor
Adalah komponen di luar bodi distributor untuk  mereduksi loncatan listrik dari platina.

KRUK AS / Poros Engkol / CRANKSHAFT
Adalah poros pada mesin kendaraan yang berfungsi merubah gerakan naik turun (translasi) piston menjadi gerakan putar mekanik. Kemudian tenaga putar diteruskan ke Flywheel. Putaran pada poros engkol inilah yang dinamakan putaran mesin.
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment