}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/12/2016

Penyebab Utama AC Mobil Bermasalah

AC merupakan kenyamanan yang penting di mobil, apalagi jika berkendara di tengah teriknya matahari dan padatnya lalu lintas kendaraan.


Apakah AC Anda bermsalah?

Ganguan pada AC Mobil sebenarnya datang dari pola pengguna itu sendiri.

Salah satunya kebiasaan ketika mematikan dan menghidupkan AC pada saat mesin kondisi putaran rpm tinggi membuat beban kompresor AC mendapat tekanan tinggi seketika, kondisi inilah yang dapat menyebabkan terjadinya gesekan yang terlalu keras antara armature pulley AC dengan pressure pate pada kompresor AC. Inilah penyebab utama kerusakan kompresor AC yang tidak Anda sadari, karena mengganti kompresor AC itu tidaklah murah.

Tips agar komponen AC Anda tahan lama sebaiknya saat menyalakan AC ketika saat berhenti atau bila terpaksa kurangilah kecepatan pada putaran mesin di bawah 2.000 rpm kemudian baru menekan tombol on AC.

Selain itu, ada kebiasaan kecil yang bisa berpotensi untuk merusak komponen mobil seperti sering menyalakan atau mematikan switch power AC selama berkendara, hal ini sering tidak disadari si pemilik mobil.

Jika kebiasan ini terus dilakukan, memungkinkan komponen magnet clucth kompresor AC akan cepat aus dan akhirnya rusak, dan kompresor tidak berfungsi sebagai mana mestinya, hal ini dapat menyebabkan AC jadi tak dingin. 

Selain tips di atas sangat disarankan untuk memperhatikan dan menjaga ruang mobil agar tetap bersih dari asap rokok dan kotoran lainnya. 

Sangat penting untuk  Anda diketahui jika AC memiliki blower yang memiliki fungsi untuk memutar udara, udara ‘panas’ yang dihisap blower dari ruang mobil dan akan ditutup melewati celah-celah di antara celah-celah evaporator yang dingin. 

Pada bagian evaporator inilah, panas kemudian diserap sehingga udara yang dihembuskan ke dalam kabin sehingga menjadi dingin. 

Jika udara yang dihisap oleh evaporator tercampur dengan banyak abu rokok dan debu, maka akan membuat celah-celah pada bagian filter evaporator menjadi tersumbat dan akhirnya memperlambat proses pendinginan. 

Sumbatan tersebut juga dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur atau spora yang tentu akan menimbulkan bau tak sedap dan bahkan dapat mengganggu kesehatan Anda dan penumpang lain di dalam mobil. 

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016

No comments:

Post a Comment