}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/09/2016

Kamus Otomotif U, Ul-Ur

U, Ul-Ur

Ultra Low Emission Vehicle 
Seluruh produsen mobil selain melirik Low Emission Vehicle, sekarang juga mula mengembangkan Ultra Low Emission Vehicle artinya bahan bakarnya sudah tidak menggunakan minyak bumi. Seperti perusahaan Toyota dengan teknologi Fuel Cell System, perusahaan Opel dengan prototype Opel Hydrogen 1 yang mana bahan bakarnya bersal dari gas Hidrogen dan Oksigen yang bertemu dalam cell sehingga menghasilkan energi listrik. Tentu jumlah selnya mencapai jutaan cell di dalam kotak. Luar biasanya sisa hasil reaksinya adalah tetesan air (H2O)

Undercoating
Adalah suatu campuran pada umumnya berasal dari minyak bumi yang dapat digunakan untuk melumasi permukaan logam. Jadi mengurangi terjadinya karat. Selain itu, bahan ini dapat dipergunakan sebagai peredam suara.

Under Steer
adalah kondisi saat mobil menikung dengan radius putaran lebih besar dari semestinya. Understeer terjadi pada saat slip angle ban roda depan lebih besar dibanding ban roda belakang, sehingga mobil meluncur meskipun kemudi sudah dibelokkan. Agar dapat mengurangi  understeer sangat bergantung pada tipe mobil yang dikemudikan. Pada mobil penggerak roda depan (FF), sebaiknya kurangi tekanan di pedal gas diimbangi dengan mengoreksi arah kemudi. Namun bagi pengemudi profesional, dilakukan dengan rem parkir, agar  bagian belakang mobil bergeser ke luar tikungan. Di mobil gerak roda belakang, understeer kemudian direduksi dengan mengurangi gas atau dapat juga menambah gas, memanfaatkan tenaga torque mesin untuk menggeser bagian belakang mobil ke arah luar tikungan. 

Urban Vehicle
Adalah jenis kendaraan yang dirancang khusus untuk transportasi di perkotaan. Ciri-cirinya adalah kapasitas mesin tidak sekuat sedan atau SUV, dan kebanyakan Urban Vehicle  juga menggunakan transmisi otomatis karena lebih praktis di daerah yang serba macet. Contoh jenis kendaraan ini seperti Hyundai Atoz dan Suzuki Karimun.

Urethane
Adalah jenis komponen berbahan plastik yang memiliki keuletan yang sangat kenyal. Pada umumnya digunakan sebagai bantalan suspensi khusus, seperti jenis mobil off-road dan beban berat. Pemakaian bantalan ini berfungsi meningkatkan sistem suspensi yang jauh lebih kuat serta tahan lama. 
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016

No comments:

Post a Comment