}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/17/2016

Bahaya Overheat Karena Gangguan Pada Sistem Pendingin Radiator


Overheat merupakan kondisi suhu mesin mobil di atas suhu kerja mesin normal dan membuat kinerja mesin tidak optimal bahkan mendadak mati. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap mobil secara keseluruhan, jadi harus segera diperbaiki.

Overheat bisa terjadi karen air pendingin habis karena bocor, terjadi penyumbatan pada sistem pendingin (water jaket dan cell radiator), ataupun water pump sudah rusak.

Jangan paksakan mobil anda jika mesin overheat, karena dapat merusak komponen-komponen mesin anda.



Jika anda ingin membuka tutup radiator pastikan tidak adalam keadaan panas, karena jika tutup dipegang panas kemungkinan air radiator di dalamnya masih mendidih dan dapat menyembur jika dibuka. 

Berikut cara yang  tepat dan aman untuk menangani kurangnya air pendingin pada radiator adalah menunggunya hingga dingin atau mengkompres radiator dengan kain basah, kemudian baru dapat anda buka saat dingin itulah pengecekan pada radiator dapat dilakukan.

Air radiator berfungsi sebagai media pemindah kalor dari mesin ke radiator, kemudian air akan turun suhunya di radiator. Ada water pump untuk mensirkulasikan air pending ini, jika ini rusak juga menyebabkan sirkulasi tidak berjalan. Sehingga terjadi overheating.

Salah satu solusi overheat yaitu mengisi cadangan air pada radiator, biasanya saat overheat pemilik mobil akan terburu-buru membuka bagian tersebut. Jika tidak hati-hati, tangan dapat terkena udara panas.

Biasanya ari radiator sudah hampir habis dengan kondisi mendidih dan mengeluarkan uap panas. Berarti anda harus menambah air pendingin di radiator dengan membuka tutup radiator yang sudah agak dingin. Jika sudah tutup lagi dan nyalakan mesin. Jika jarum indikator temperatur tidak naik posisi H, berarti waterpump masih bagus. Namun jika jarum naik sampai H. Maka water pump harus diganti. Carilah atau telpon pihak bengkel untuk mendorong mobil anda.

Catatan:

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

Pertama, jangan memegang radiator tanpa menggunakan kain dan sarung tangan yang tebal. Selain itu juga hindari membuka tutup radiator saat masih panas. 

Kedua, jangan menyiram air pada radiator jika temperaturnya masih tinggi. hal tersebut dapat menimbulkan perubahan pada bahan dasar material mesin. Sebaiknya mengopres upper tank radiator menggunakan kain basah.

Ketiga, jangan menghidupkan mesin saat mesin masih panas, hal ini dapat memicu kerusakan pada mesin seperti crankshaft bengkok atau bahkan blok mesin pecah. 
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/17/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/17/2016

No comments:

Post a Comment