}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus R, Ra-Ro

R, Ra-Ro

Race control
Adalah tempat paniti pemimpin dan crew  perlombaan yang bertugas memberi petunjuk ataupun perintah kepada petugas lapangan sekeliling di trek, selain itu juga bertugas memonitor seluruh kegiatan selama balapan. Di ruang race control terdapat CCTV, public announcement system, dan alat komunikasi. Letaknya di atas tower dekat garis start dan finish. 

Rack dan Pinion Steering 
Adalah sitem kemudi rack dan pinion steering yang  terdiri dari komponen rack dan pinion. Steering ratio juga ditetapkan oleh steering wheel revolution (rasio revolusi pinion) yang terdapat pada sebuah track travel. Rangkaian gigi pada rack memberi toleransi rasio agar variable dapat melebihi travel. Sehingga meringankan kekuatan kabel penggerak serta dapat  mengurangi travel, selain itu juga  mengoreksi steering.

Radial tire
Ban radial (Radial tire) adalah konstruksi ban yang di dalamnya tersusun atas serat baja tegak lurus melintang dari satu sisi ke sisi lain. 

Radiator
Adalah bagian yang terdapat pada sistem pendingin kendaraan yang berfungi mengurangi suhu mesin dengan cara memindahkan panas  dari mesin kendaraan ke dalam cairan (pendingin) ke udara.

Radio Broadcast Data System
Adalah radio yang dapat menerima dan pengiriman data digital disamping sinyal FM standar. Artinya selain suara, terdapat display yang terpampang nama format program, stasiun radio. RDS juga  dapat membantu  mempermudah mencari informasi kemacetan dan kecelakaan. 

Rain sensor
Adalah perangkat elektronik terdapat pada depan kaca mobil yang berfungsi untuk mendeteksi air hujan. Saat hujan lebat, sensor mengirimkan sinyal ke pusat data processing. Sehingga sinyal selanjutya dikirim ke motor wiper yang kemudian wiper akan bergerak membersihkan air pada kaca depan dan belakang. Teknologi ada pada Mercedes Benz S Class, Peugeot 307,  dan VW Passat.

Rasio kompresi
Adalah perbandingan kompresi antara ruang bakar dengan ruang silinder.

RDS (Radio Data System) 
Adalah transmiter digital yang berfungsi untuk mengirimkan data ke radio pengguna. Pada radio akan terlihat juga  nama pengirim serta waktu pengiriman pesan. 

Real Time All Wheel Drive
Adalah Cara kerja sistem penggerak dengan sistem sensor yang dapat mendeteksi gejala slip pada roda,  kemudian sinyal diolah di control unit. Setelah itu control unit memerintahkan transfer agar segera mengaktifkan penggerak dengan 4 roda, Namun, hanya pada saat dibutuhkan. Seperti ketika melintasi lumpur. 

Rear Engine
Adalah sebutan untuk mesin kendaraan yang dipasang pada bagian belakang kendaraan.

Rear Mirror 
adalah kaca spion yang terdapat pada bagian belakang kendaraan yang berfungsi sama dengan kaca spion di kiri – kanan kendaraan. Akan tetapi, kaca pelakang ini digunakan untuk melihat bagian sisi depan mobil, ketika pengemudi melihat kaca spion dalam kendaraan. Jadi saat pengendara melihat spion dalam juga masih dapat melihat sisi depan kendaraan.

Rear Spoiler
Adalah sayap  ini menyatu dengan bodi belakang mobil.

Rear Wing
Apabila sayap belakang terpisah dengan bodi. Pada mobil hatchback, dapat ditambahkan sayap belakang.

Rear window
Jendela belakang pada mobil.

Rear window frame
Bingkai jendela belakang mobil.


RODA GILA / FLYWHEEL
Adalah roda gigi berukuran besar yang berfungsi menjaga poros engkol berputar stabil atau seimbang, roda gila juga berfungsi sebagai sebagai tempat untuk menghidupkan mesin. Selain itu juga sebagai tempat melekatnya sumah kopling dan juga sebagai tempat bergesekan dan terkuncinya kopling

Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment