}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus Otomotif M, Ma-Mu

M, Ma-Mu

MacPherson Strut Suspension System
Adalah bagian dari sistem suspensi bebas, terdiri dari pegas keong dan shock strut dalam sockbreaker strut. Pada umumnya dipasang di bagian suspensi depan kendaraan.  Akan tetapi, dapat juga dipasang di belakang. Suspensi independen ini memiliki sumbu vertikal/tegak berfungsi sebagai kombinasi dari lengan pegas, pivot pengembali, dan peredam kejut kemudi.

Main Bearing
Adalah Komponen berbentuk dua lapis lempengan, masing-masing berbentuk penampang stengah lingkaran. Pada bagian tengahnya diberi alur  saluran oli atau pelumas. komponen ini disebut juga metal duduk sebab logam ini, tidak dapat berpindah tempat. Digunakan sebagai ganjal antara kruk as yang berputar dengan batang piston.

Manifold buang (Exhaust Manifold)
Adalah saluran gas buang dari ruang silinder, saluran ini menghubuangkannya ke pipa buang. 

Marshall
Adalah petugas disekitar track terdiri dari grid marshall track, course marshall, fire, dan flag,

Mass air flow sensor
Adalah sensor yang berfungsi mengukur massa udara yang masuk ke saluran masuk (intake manifold). Selain itu, temperatur udara yang masuk ke intake manifold juga dikontrol sehingga dapat menjamin pembakaran sempurna.

Master Silinder
Adalah bagian utama pada sistem rem hidrolik yang berfungsi sebagai pusat penerus tekanan dari booster rem.

Maximum Economy
Adalah sistem yang dapat mencampuran bahan bakar dengan udara agar tenaga mesin yang optimal dan efisien.

Maximum Power
Adalah campuran gemuk (kaya) antara bahan bakar dengan udara sehingga menghasilkan tenaga maksimum. 

Mechanical damage
Adalah kerusakan pada mesin akibat komponen dalam blok silinder mengalami kerusakan seperti piston retak atau juga ring piston patah. Sehingga mesin tidak dapat dihidupkan.

Medical Center
Adalah suatu pusat penanganan terkait pasien dan korban kecelakaan.

Metal Jalan / CON ROD BEARING 
Adalah bantalan antara pangkal setang piston (big end) dengan poros engkol. Bantalan metal ini berbentuk lempengan logam setengah bulat dan terdapat alur oli. 

Metal Bulan / THRUST BEARING
Adalah bantalan samping antara poros engkol dengan blok silinder. Fungsinya adalah mencegah poros engkol bergeser dan agar tetap presisi. Permukaan bantalan yang licin memudahkan poros engkol bergerak dengan lancar tanpa gesekan.

Metal Duduk / Bantalan Utama / Main Bearing
Adalah komponen mesin berbentuk dua lempengan, berbentuk setengah lingkaran. Terdapat  saluran oli atau pelumas di tengahnya. 

Minibus
Adalah kendaraan keluarga ataupun niaga dengan kapasitas sedang 8-12 penumpang.

MIRA
Adalah Asosiasi pengembang teknologi otomotif Motor Industry Research Association

Monokramatik
Adalah warna tunggal atau mempunyai corak kemiripan dalam satu bidang. Seperti body kit, lis, gril, spion ataupun velg yang dikelir serupa.

Monospace
Adalah mobil sejenis van.

Moonroof
Adalah atap kaca yang lebih dikenal dengan istilah sunroof, tetapi berbahan kaca tebal. Keuntungannya dapat memandang langit ketika di malam hari.

m.p.h.
Adalah satuan kecepatan Britis,  miles per hour, dalam konversi jarak, 1 mil = 1,6 km.

MPV
Adalah singkatan dari Multi Purpose Vehicle dapat diartikan Kendaraan Multi Fungsi atau memiliki banyak kegunaan. 

MSRP
Adalah singkatan dari Manufacturer Suggested Retail Price. Harga yang disepakati antara produsen mobil dengan distributor-dealer agar pihak daeler dapat memperoleh profit dari penjualan mobil, harga ini disebut harga retail.

Muffler
Adalah bagian dari knalpot memiliki kegunaan sebagai alat peredam suara dan berfungsi juga sebagai penyaring gas sisa pembakaran.

Multi Link
Adalah sebutan untuk rangka pada kaki-kaki mobil yang menerapkan sistem adjustable atau dapat disetel sesuai keinginan pengendara.
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment