}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/17/2016

Tips dan Trik Menghemat Bahan Bakar

Produsen mobil berlomba-lomba mengembangkan teknologi penghemat konsumsi bahan bakar, mulai dari hybrid dan yang paling baru adalah fuel cell. Namun ada tips dan trik yang dapat menghemat bahan bakar mobil anda

Melonjaknya harga bahan bakar minyak (BBM) membuat sebagian kalangan menjadi bingung dan galau. Dengan harga BBM akan bertambah maka pengeluaran pun menjadi bertambah. Berikut tips dan trik agar dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

Beberapa cara sederhana dapat dilakukan untuk menghemat BBM. Dengan menyisihkan sedikit waktu senggang anda, cara penghematan ini dapat dilakukan sendiri. Berikut trik langkah-langkah untuk mengatasi hal ini:

Membersihkan Filter Udara



Kotoran yang menempel di saluran masuk menuju ruang bakar dapat membuat mobil lebih boros BBM. Hal ini disebabkan oleh performa kendaraan menurun dan pengemudi menjadi cenderung menekan pedal gas lebih dalam sebab tenaga mobil tereduksi. 

Cara pertama yang dilakukan untuk menghemat BBM adalah dengan membersihkan filter udara menuju ruang bakar. Pastikan  selalu menjaga filter tetap bersih, termasuk filter BBM dan oli.

Memeriksa Tekanan Ban



Tekanan Ban di bawah standar membuat konsumsi BBM lebih boros karena membutuhkan tenaga yang besar untuk menggerakkan ban. Tekanan angin yang lebih rendah 10 psi dapat mengakibatkan mobil lebih boros BBM sekita 2 km/liter.

Oleh karena itu, salah satu cara lain untuk menghemat konsumsi BBM yaitu dengan menggunakan tekanan ban yang paling sesuai. Tekanan ban sebaiknya menyesuaikannya dengan rekomendasi pabrikan.

Jangan lupa, selain menghemat BBM, tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi standar pabrikan juga dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Jadi, segera cek tekanan ban kendaraan anda telah sesuai atau belum.

Wheel Balancing 



Selain menyesuaikan tekanan ban mobil, sebaiknya juga menjaga ban tetap dalam kondisi yang seimbang atau balance. Cara ini dapat menghemat dalam konsumsi bahan bakar. Selain itu, sudut keselarasan roda stabil saat berkendara.

Jika ban tidak balance, akan mengurangi traksi roda saat berjalan. Jadi Mesin pun butuh tenaga ekstra saat memutar roda. Sehingga meningkatkan konsumsi BBM. 

Kesimpulan, selau periksa kebersihan filter udara (saringan udara) apakah roda Anda telah seimbang atau belum selain itu keselarasan roda. 
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/17/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/17/2016

No comments:

Post a Comment