}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/07/2016

Kamus Otomotif G, Ga-Gu

G, Ga-Gu

Gasket
Adalah karet yang mengelilingi bagian tengah belahan antara dua bagian mesin atau komponen. Tidak memerlukan lem. Gasket ini berfungsi mencegah kebocoran.

Gasoline pump
Adalah pompa pada sistem bahan bensin yang berfungsi memompa bensin dari tanki bahan bakar.

Gasoline Direct Injection
Adalah sistem penyemprotan bahan bakar langsung di ruang bakar, karena nozzle injektor langsung diletakan pada chamber pembakaran.  Hasilnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat sekitar 20% dan tingkat emisi  sisa pembakaran  gas CO turun 20%. Namun kekurangannya adalah ujung nozzle mudah berarang dan dapat menyumbat lubang pada nozzle. 

Gauge
Adalah perangkat display pada dashboard kemudi yang menunjukan berbagai panel seperti lampu indikator, tachometer, temperatur mesin, dan pengukur bahan bakar. 

GDL
Adalah kepanjangan dari Gas Discharge Lamp, sebutan  untuk lampu yang mempergunakan gas xenon di dalam bohlam.

Gear Shift Travel Shortage
Adalah perpindahan roda gigi percepatan pada transmisi dengan interval lebih pendek. Sehingga kecepatan tidak menurun saat memindahkan roda gigi percepatan.

Gear Segment
Adalah roda gigi pada sistem power windows. Cara kerjanya motor pengendali sebagai sumber putaran memberikan energi putar mekanis pada jendela kendaraan melalui gear segment.

Generator
disebut juga alternator yaitu suatu motor konversi energi yang merubah putaran mekanik yang dihubungkan ke poros engkol untuk menghasilkan listrik untuk mengisi accumulator (aki) dan mengaktifkan kelistrikan pada kendaraan. 

Gerakan empat roda
disebut juga FWD (Four Wheel Drive) yaitu kendaraan yang dijalankan dengan empat sisi roda penggerak (2 depan dan 2 belakang sebagai penggerak).

Gerakan roda depan
didebut terdapat pada kendaraan jenis FF yang dimana dua roda depan sebagai penggerak, sedangkan roda belakang hanya mengikuti putaran saat kendaraan jalan.

Gemuk
adalah sebuah pasta pelumas yang mengandung lemak ataupun oli padat yang berfungsi melumasi komponen luar mesin. Sehingga mengurangi gesekan antar komponen.

Governor
adalah komponen pada sistem bahan bakar diesel yang mengatur jumlah volume solar yang disemprotkan pada nozzle sesuai beban mobil.. 

GPS
adalah kepanjangan dari Global Positioning Satellite. Suatu perangkat canggih dengan menggunakan satelit ataupun bisa menggunakan koneksi internet untuk melacak lokasi dan juga mengetahui rute jalan terdekat serta jarak tempuhnya..

Grid marshall
Adalah petugas yang ditempatkan di daerah start pada saat perlombaan balap kendaraan.

Grip
Adalah gigitan ban.

Grooved Tired  
Adalah permukaan ban roda dengan motif tertentu untuk menambah daya cengkram kendaraan dengan jalan untuk menghindari slip dan spin pada roda.

Ground Clearance
Adalah jarak antara dasar jalan dengan garis bawah rangka kendaraan. Ground Clearance biasanya ditentukan dengan jenis kendaraan. Apabila kendaraan untuk off road maka grounde clearancenya semakin tinggi. Namun jika untuk balap mobil sirkuit dengan jalan rata maka ground clearancenya mesamkin rendah untuk memperbesar daya tekan kebawah, menghindari turbulence pada bawah kendaraan, dan meningkatkan aerodinamis kendaraan.

Guarddrail
Adalah pagar pembatas arena di sirkuit,
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/07/2016

No comments:

Post a Comment