}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/12/2016

Hindari Aktivitas-aktivitas Penyebab Terjadinya Kecelakaan Selama Berkendara

Banyak faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan, berikut ini akan dibahas tips dan trik untuk menghindari resiko kecelakaan selama berkendara.

Banyak pengerndara kendaraan roda empat dan dua yang belum menyadari perilaku-perilaku negatif yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan.


Kecelakan terjadi pada umumnya bermula dari keteledoran, keegoisan, ketergesa-gesaan oknum pengemudi di jalan raya.

Beberapa pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua sering menganggap remeh aktivitas mengemudi, padahal jika tidak diperhatikan aktivitas-ativitas lain yang tidak perlu dilakukan karena dapat mengalihkan perhatian Anda saat berkendara di jalan raya.

Bila Anda ingin memperbaiki perilaku mengemudi Anda, cobalah untuk menghindari beberapa aktivitas-aktivitas berikut ini selam berkendara.

Berikut hal-hal yang harus kita hindari ketika mengemudi:

1. Keteledoran yang kadang dilakukan tanpa Anda sadari seperti ketika Anda ingin memutar lagu atau video untuk menghibur Anda dan penumpang selama perjalanan, sebaiknya lakukanlah hal ini sebelum Anda mulai mengemudi ataupun bila terpasa suruh penumpang sebelah pengemudi untuk memutar lagu ataupun video.

Jika anda berkendara sendirian dan ingin memutar lagu atau video, sebaiknya anda mengurangi laju kendaraan pastikan jalan tidak terlalu ramai baru anda dapat melakukannya.

2. Makan dan Minum juga salah satu hal yang menyebabkan menurunkan konsentrasi selama berkendara. hal tersebut dapat menjadi ancaman tersendiri bagi Anda selama berkendara.

Meski begitu, ternyata masih banyak yang melakukannya hal tersebut tanpa memperhatikan aspek negatif dari makan atau minum saat mengemudi. karena ketika mengunyah makanan, perhatian akan teralihkan pada makanan.

Jika anda benar-benar lapar, maka sebaiknya Anda berhenti di rest area ataupun rumah makan yang memiliki lahan parkir. Hindari parkir mobil tepat di bahu jalan. Karena ini juga beresiko mobil anda dihantam kendaraan lain dari belakang. 

3. Hindari  Penggunaan Hand phone,Smartphone,  ataupun  Perangkat Gadget Lain Selama Mengemudi

Aktivitas menggunakan smartphone atau tablet sangat mengganggu perhatian Anda, mulai dari texting hingga browsing di internet.

Meski sudah ada fitur bluetooth dan earphone yang dapat digunakan untuk menelepon tanpa memegang handphone, aktivitas ini pun mengganggu konsentrasi selama mengemudi.

Bila terpaksa harus membalas pesan ataupun telepon, sebaiknya carilah tempat aman untuk berhenti.

4. Melakukan Pengaturan Audio System, AC Atau Fitur Lainnya

Ternyata melakukan pengaturan kelengkapan ini ketika mengemudi cukup berbahaya, karena konsentrasi Anda dapat teralihkan untuk beberapa saat. Terutama jika pengaturannya masih belum terintegrasi dengan lingkar kemudi, perhatian Anda akan teralihkan lebih lama ke bagian dashboard.

Jika selama mengemudi perhatian anda teralih sekitar 5 detik dengan kecepatan di atas 60 km per jam, Pertanyaan untuk Anda "Berapa jauh mobil anda melaju tanpa anda sadari?"

Jawabannya adalah  mobil sudah melaju sejauh 10,8 meter tanpa kendali anda. padahal ada kendaraan lain yang berlawanan arah dengan mobil yang Anda kendarai.

Meski mobil-mobil keluaran sekarang sudah modern dan telah dilengkapi dengan fitur teknologi keamanan yang canggih, hal ini tidak  menjamin 100% keselamatan Anda selama berkendara. Apalagi jika tidak didukung dengan sikap berkendara yang baik dan benar selama mengemudi.

Kebiasan-kebiasaan yang telah dijabarkan di atas, semuanya dapat gangguan ketika mengemudi karena menurunkan konsentrasi saat mengemudi.

Jadi, sebelum terlambat mari perbaiki perilaku ketika mengemudi supaya aman saat berkendara bagi Anda sendiri dan orang lain.

Jika sampai terjadinya kecelakaan baik kecil maupun besar, sayang sekali bukan?
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/12/2016

No comments:

Post a Comment