}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/16/2016

Keunggullan Kendaraan dengan Fitur Vehicle Stability Control (VSC)

Fitur keamanan Vehicle Stability Control (VSC)  merupakan teknologi tergolong baru yang sudah banyak diterapkan oleh semua produsen mobil.



VSC adalah salah satu fitur keselamatan yang memiliki fungsi mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil yang sedang melaju.

Alasan mengapa VSC ini penting, berikut akan dibahas alasan penerapan teknologi ini harus ada pada mobil yang sering digunakan melintasi medan off-road.

VSC ini berfungsi sebagai Roll Over Prevention Mitigation artinya mencegah agar mobil tidak terbalik pada saat kehilangan stabilitas.

Bila VSC ini mendeteksi potensi roll over, semisal ketika Anda sedang menikung dengan kecepatan tinggi ataupun bahkan terlalu tajam anda membanting setir, sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem.

Setelah itu, VSC juga akan mengatur pembukaan gas sesuai kebutuhan dan membantu Anda menjaga kontrol mobil.

Jadi pada dasarnya, cara kerja VSC adalah mengontrol laju kendaraan dengan cara selektif memberikan pengereman kepada roda yang paling membutuhkan.

Berdasarkan data Insurance for Highway Safety (IIHS), Amerika Serikat, juni 2006 terbukti bahwa hampir sekitar 10.000 ribu kecelakaan mampu dihindari setiap tahunnya. Jika kendaraan menerapkan teknologi VSC ini.

IIHS juga memperkirakan bahwa VSC dapat mengurangi risiko fatal kecelakaan tunggal hingga mendekati 56% dan fatal crash antar kendaraan sebesar 32%.

Karena efektivitasnya telah terbukti, sehingga di beberapa negara mulai mewajibkan semua mobil baru harus dilengkapi teknologi VSC ini.

Dengan demikian, karena manfaat VSC begitu besar, maka VSC wajib ada pada setiap mobil baru yang diproduksi di Amerika Serikat semua merek kendaraan.

Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dari produk-produk terbaru semua produsen otomotif selalu menghadirkan fitur canggih di dalam mobil-mobil keluaran terbarunya.

Contohnya saja teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang sudah diterapkan pada mobil Toyota All new  Fortuner dan Avanza.

Teknologi ini adalah sebuah fitur sistem keselamatan aktif untuk membantu Anda menjamin kesetabilan mobil dan berguna dalam mencegah kecelakaan selama berkendara.

Indikator dari VSC sendiri ada pada MID meter cluster Toyota Avanza dan veloz 2016.

Selain itu, juga ada indikator teknologi Traction Control System (TRC) di dalamnya.

Iwan Abdurrahman, selaku Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa kedua indikator ini sudah ada pada Toyota semua seri fortuner, Avanza, dan juga Veloz 2016.

"Toyota Avanza merupakan mobil APV global. Jadi memang model meter cluster-nya di semua negara itu sama. Indonesia juga mendapat Toyota New Avanza  dengan model meter cluster tersemat indikator VSC dan TRC, tapi belum aktif. Tinggal apakah fitur ini aktif tidak cukup melihat kebutuhan pasar. Beberapa negara mungkin fitur ini sudah aktif," kata Iwan.

Jika Toyota selalu berusaha untuk meningkatkan fitur sistem keamanan pada setiap kendaraan yang barunya, baik untuk pasar Indonesia maupun juga global.
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/16/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/16/2016

1 comment: