}

Selamat datang di Kamus-Automotifzone, Blog ini menyajikan istilah-istilah dan artikel tentang otomotif yang dibuat dalam bentuk artikel kamus otomotif.

T2/09/2016

Gaya Mengemudi yang Benar Dapat Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan

Pernahkah Anda mengeluhkan soal kondisi mobil yang boros?

Cara Anda mengerem salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Berikut tips yang bisa anda praktekan selama berkendara. Cobalah untuk memprediksi kondisi jalan di depan sehingga Anda dapat memastikan kecepatan yang tepat sehingga tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak. Apabila memang harus berhenti, usahakan ketika akan berhenti sebaiknya secara perlahan dan injak pedal rem beberapa meter sebelum lampu merah ataupun akan berhenti.




Sebenarnya faktor mesin bukan menjadi faktor utama penentu jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar kendaraan, yaitu gaya mengemudi Anda.

Cara dan gaya Anda mengoperasikan kendaraan roda empat saat berkendara merupakan salah satu faktor penentu tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan. Hampir 35% semua pengemudi  menggunakan kecepatan di atas rata-rata yang disarankan selama berkendara.

Lalu, bagaimana gaya mengemudi yang dianjurkan agar dapat menghemat bahan bakar? 

Langkah pertama yaitu mengemudi dengan tenang dengan kecepatan sedang sehingga tidak terlalu sering menginjak pedal rem secara mendadak dan menginjak gas penuh secara tiba-tiba.

Saran tips bagi Anda yang sering melakukan perjalanan keluar kota, ada alternatif lain untuk menghemat bahan bakar. Apabila anda mengemudi pada jalan-jalan besar di luar kota, kecepatan ideal adalah 75 mph, dan Anda tidak disarankan mengemudi di atas kecepatan tersebut.

Biasakanlah untuk saat memindahkan gigi kurangi kedalaman penuh pedal gas, agar putaran mesin dalam kisaran putaran mesin (average). Misalnya jika kendaraan Anda menggunakan mesin diesel, cobalah  saat memindah roda gigi percepatan pada kisaran 2.300 rpm. Jadi Anda sudah pasti tahu jika mobil diesel menawarkan torsi rendah pada kisaran putaran mesin (average). Jadi Anda tak perlu berlebihan menginjak pedal gas ketika memindah roda gigi percepatan.

Kesimpulan, saran ketika mengemudi gunakan kecepatan yang stabil sesuai dengan kondisi jalan saat anda berkendara jadi tidak telalu banyak mengerem dan menginjak gas punuh secara tiba-tiba. Jadi  kecepatan yang digunakan selama mengemudi sangat berpengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016
Dunia Otomotif Zone
Dunia Otomotif Zone Updated at: 2/09/2016

No comments:

Post a Comment